Senin, 08 Juli 2013

BATAL MUDIK, KETEMU JODOH

Ramadhan tahun ini bagi Raka tak akan seperti tahun-tahun sebelumnya. Tak ada lagi yang akan menyiapkannya makan sahur, menemaninya berbuka puasa ataupun shalat tarawih bersama. Padahal dia sudah membayangkan akan melewati lagi bulan suci itu bersama Nia, mantan kekasihnya. Bahkan rencananya gadis itu hendak Ia perkenalkan sebagai calon istrinya kepada orangtuanya di Kuningan saat lebaran nanti.

“Lo jadi mau munggahan* di Kuningan, Ka? Apa gak tanggung nunggu sampe libur lebaran aja ke sananya?” tanya Firman membuyarkan lamunan Raka. Firman adalah tetangga kontrakan sekaligus teman kerjanya.

“Ya jadi lah.. Hari Jumat besok gue berangkat. Barusan gue udah ngajuin form cuti gue ke HRD. Udah, Lo gak usah sedih gitu ah. Gue cuti cuma 3 hari kok.. Rabu depan gue udah balik ke sini lagi.” sahut Raka.

“Ah, sialan Lo.. Siapa juga yang sedih? Justru gue malah senang gak perlu bangunin Lo buat  sahur. Secara bangunin Lo tidur itu susahnya kayak mau nyembelih banteng! Wa ha ha ha..” canda Firman.

“Lebayyyyy!” balas Raka sambil berlalu meninggalkan Firman.yang masih sibuk menghabiskan makan siangnya di kantin pabrik.

 "Gue yang sedih, Man. Sebenarnya bukan apa-apa. Gue lagi sumpek aja di sini. Tiap hari kebayang Nia terus. Rasanya kayak mimpi putus sama dia. Padahal baru kemarin gue nonton bareng dia. Sekarang mungkin dia lagi asyik nonton sama si Brengsek itu!" batin Raka.

*****
 

"Biasanya penuh terus lho, Neng. Abis lebaran baru ada lagi yang kosong. Soalnya kadang ada yang mudik, terus pulangnya gak balik lagi ke sini." terang Haji Salim, sang pemilik kontrakan.

 "Oh gitu ya, Pak. Beruntung dong saya.." sahut Irma, yang baru saja tiba dari kampungnya di Cianjur.

"Kamunya juga kok pindahannya nanggung gini. Kenapa gak abis lebaran aja?" tanya Haji Salim penasaran.

"Oh, ehm.. Ituu.. Ya, kebetulan aja dapat panggilan kerjanya sekarang, Pak.." jawab Irma setengah gugup.

"Maaf nih, Pak.. Saya tinggal beres-beres dulu ya.." ujarnya lagi, sambil membongkar isi koper dan tas punggung yang dibawanya.

"Eh, iya, iya Neng. Silahkan. Aduh, maaf ya malah diajak ngobrol gini.. He he. Ya udah, nanti kalo ada apa-apa, bilang aja sama Bapak ya. Gak usah sungkan." pesan Haji Salim.

"Sebenarnya saya cuma cari tempat pelarian aja di sini, Pak. Daripada stres mikirin pertunangan yang gagal, lebih baik lanjutkan hidup dengan mencari aktivitas baru, di tempat yang baru. Siapa tahu hidup saya bisa lebih baik di sini, termasuk jodoh saya.." batin Irma.

*****

"Gagal mudik, Cuy. Pengajuan cuti gue ditolak. Perusahaan lagi sibuk-sibuknya nyiapin stok sebelum lebaran." keluh Raka setelah pulang dari pabrik.

"Gue tahu sebenarnya niat Lo mudik cuma buat pelarian aja, bukan buat silahturahmi. Iya kan? Makanya gak dikasih jalan deh. He he. Move on*, dong Bro. Move on*! Kayak di dunia cuma ada Nia aja.."

"Sok tau Lo! Udah ah, jangan bahas soal itu lagi. Ngomong-ngomong, nih kontrakan sebelah kayaknya udah ada yang ngisi ya? Kok terang dan rapi banget?" Raka berusaha mengalihkan pembicaraan.

"Kata Haji Salim sih gitu. Tadi siang dia pindahannya."

"Hemm..."



480 kata
Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Si Sulung”



*Munggahan : Istilah orang sunda yaitu proses penyambutan diri menjelang bulan Ramadhan secara ruhaniah iman dan taqwa kita meningkat. Biasanya dilakukan dengan berziarah ke makam keluarga dan kerabat, atau berkumpul bersama keluarga.

*Move on : Istilah anak muda yang artinya bangkit dari kegagalan (biasanya buat yang putus cinta)
      

4 komentar:

  1. Terus dia ntar ketemu sama penghuni kontrakan sebelah ya? Sayang banget ceritanya nggak sampe mereka ketemuan. Hehe...

    Bagus ceritanya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sampe ketemuan, terlalu panjang ceritanya. He2. Anyway mksh, Mba.

      Hapus
  2. jadi kepengen munggahan *komen OOT* hihihihi

    BalasHapus
  3. Gak OOT kok, Mba. Mmpung pas momen ny nih. He2. Thx y udh mmpir..

    BalasHapus